Powered By Blogger

Minggu, 16 Oktober 2011

Konsep Pengetahuan Analysis Sistem Informasi

Konsep Pengetahuan Analysis Sistem Informasi

                Sebelum kita membahas lebih jauh tentang konsep pengetahuan apa saja yang ada di Analysis Sistem Informasi, mari kita pelajari dahulu mengenai pengertian dari Analysis system.
·         Menurut Yogiyanto (1995) analisis sistem adalah penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan, kesempatan, hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan.
Berikut adalah konsep-konsep dasar Analysis system Informasi:

Konsep Dasar Analysis Sistem Informasi

Terdapat beberapa konsep, antara lain : 
a.       Data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti  bagi yang menerimanya. 
b.      Sesuatu yang nyata atau setengah nyata yang dapat mengurangi derajat ketidakpastian tentang suatu keadaan atau kejadian. Sebagai contoh, informasi yang menyatakan bahwa nilai rupiah akan naik, akan mengurangi ketidakpastian mengenai jadi tidaknya sebuah investasi akan dilakukan.
c.       Data organized to help choose some current or future action or nonaction to fullfill company goals (the choice is called business decision making).

Konsep Lainnya mengenai Analysis Sistem Informasi

Dapat didefinisikan sebagai 
a.       Suatu sistem yang dibuat oleh manusia yang terdiri dari komponen-komponen dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan yaitu menyajikan informasi.
b.      Sekumpulan prosedur organisasi yang pada saat dilaksanakan akan memberikan informasi bagi pengambil keputusan dan/atau untuk mengendalikan organisasi.
c.       Suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
 

Berikut juga saya informasikan mengenai komponen-komponen apa saja yang ada pada sebuah analysis system informasi.

 

Komponen Analysis Sistem Informasi:

a.       Hardware
Terdiri dari komputer, periferal (printer) dan jaringan.
b.      Software
Merupakan kumpulan dari perintah/fungsi yang ditulis dengan aturan tertentu untuk memerintahkan komputer melaksanakan tugas tertentu. Software dapat digolongkan menjadi Sistem Operasi (Windows 95 dan NT), Aplikasi (Akuntansi), Utilitas (Anti Virus, Speed Disk), serta Bahasa (3 GL dan 4 GL).
c.       Data
Merupakan komponen dasar dari informasi yang akan diproses lebih lanjut untuk menghasilkan informasi.
d.      Prosedur
Dokumentasi prosedur/proses sistem, buku penuntun operasional (aplikasi) dan teknis.
e.       Manusia
Yang terlibat dalam komponen manusia seperti operator, pemimpin sistem informasi dan sebagainya. Oleh sebab itu perlu suatu rincian tugas yang jelas.
 
 
Sumber :
-          multiply.multiplycontent.com/attachment/0/R4MNqAoKCEIAAHNvP4A1/ANALISIS%20SISTEM%20INFORMASI.doc?nmid=76609011
-          http://susipujiastuti.wordpress.com/2008/10/26/pengertian-analisis-sistem-informasi/
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar