Definisi e-Business
e-Business atau Electronic business dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi,dan salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha. Secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet. Terminologi ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM. Atau e-Business merupakan kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja meliputi pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi).
Ada banyak strategi dalam meraih sukses dalam e-business, berikut adalah 7 strategi taktis untuk sukses dalam e-Business
- Fokus. Produk-produk yang dijual di internet harus menjadi bagian yang fokus dari masing-masing manajer produk.
- Banner berupa teks, karena respons yang diperoleh dari banner berupa teks jauh lebih tinggi dari banner berupa gambar.
- Ciptakan 2 level afiliasi. Memiliki distributor penjualan utama dan agen penjualan kedua yang membantu penjualan produk/bisnis.
- Manfaatkan kekuatan e-mail. E-mail adalah aktivitas pertama yang paling banyak digunakan di Internet, maka pemasaran dapat dilakukan melalui e-mail atas dasar persetujuan.
- Menulis artikel. Kebanyakan penjualan adalah hasil dari proses edukasi atau sosialisasi, sehingga produk dapat dipasarkan melalui tulisan-tulisan yang informatif.
- Lakukan e-Marketing. Sediakan sebagian waktu untuk pemasaran secara online.
- Komunikasi instan. Terus mengikuti perkembangan dari calon pembeli atau pelanggan tetap untuk menjaga kepercayaan dengan cara komunikasi langsung.
e-Business Application • EAI (Enterprise Application Integration) merupakan konsep integrasi berbagai proses bisnis dengan memperbolehkan mereka saling bertukar data berbasis message. • SCM (Supply Chain Management) manajemen rantai supply secara otomatis terkomputerisasi. Faktor-Faktor penyebab kegagalan e-Business • Tidak ada komitmen yang utuh dari manajemen. • Penerapan e-business tidak diikuti proses change management. • Tidak profesionalnya vendor teknologi informasi yang menjadi mitra bisnis • Buruknya infrastruktur komunikasi • Tidak selarasnya strategi TI dengan strategi perusahaan. • Adanya masalah keamanan dalam bertransaksi • Kurangnya dukungan finansial • Belum adanya peraturan yang mendukung dan melindungi pihak-pihak yang bertransaksi (cyberlaw), • Menggunakan target jangka pendek sebagai pijakan investasi e-business. |
Definisi e-Commerce
e-Commerce dimulai sejak awal tahun 1970-an, merupakan kebutuhan esensial saat ini dalam dunia bisnis global, dan sebagai penunjang dalam pengembangan pasar, meningkatkan efisiensi, dapat menekan biaya, serta memberikan akses yang lebih luas bagi partner dan pelanggan perusahaan Anda. e-Commerce memiliki fleksibilitas dan keunikan bagi setiap perusahaan, karena perusahaan memiliki perbedaan dalam pengembangan IT departemennya serta kebutuhan akan model teknologi informasi bagi bisnisnya. Termasuk perusahaan Anda, maka penerapan e-Commerce tergantung pada model bisnis yang perusahaan Anda kembangkan dan model teknologi informasi yang saat ini perusahaan Anda kembangkan. Pengembangan e-Commerce harus bisa fleksibel dan bisa beradaptasi dengan software dan aplikasi teknologi yang ada di perusahaan Anda.
e-Commerce menggunakan media elektronik untuk melakukan perniagaan / perdagangan, seperti:
- Telepon, fax, ATM, handphone, SMS
- Banking: ATM phone banking, internet banking
Secara khusus
- Penggunaan Internet untuk melakukan perniagaan
- Ada transaksi
E-Commerce Perdagangan:
- Buy, sell, serving, transfer, exchange
Pure EC (cth: e-book) vs Partial EC (cth: book)
e-Commerce Application
• ERP (Enterprise Resource Planning)
adalah sistem informasi pendukung e-business, yg menyediakan berbagai macam kebutuhan perusahaan seperti supply chain, CRM, marketing, warehouse, shipping, dan payment, serta mampu melakukan otomatisasi proses bisnis
• CRM (Customer Relationship management)
adalah sistem kustomisasi real time yang memanajemen kustomer dan melakukan personalisasi produk dan servis berdasarkan keinginan kustomer
Komponen-komponen yang dibutuhkan e-Commerce
• People: Sellers, buyers, intermediaries, information systems specialists and other employees, and any other participants
• Public policy: Legal and other policy and regulating issues, such as privacy protection and taxation
• Marketing and advertising: Like any other business, EC usually requires the support of marketing and advertising
• Support services: Many services are needed to support EC. They range from payments to order delivery and after sales services
• Business partnerships: Joint ventures, e-marketplaces, and partnerships are some frequently occurring relationships in e-business
Kemampuan e-Commerce
• OTOMATISASI, proses otomatisasi yang menggantikan proses manual.(“enerprise resource planning” concept)
• INTEGRASI, proses yang terintegrasi yang akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses. (“just in time” concept)
• PUBLIKASI, memberikan jasa promosi dan komunikasi atas produk dan jasa yang dipasarkan secara elektronik. (“electronic cataloging” concept)
• INTERAKSI, pertukaran data atau informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan “human error” (“electronic data interchange/EDI” concept)
• TRANSAKSI, kesepakatan antara 2 pihak untuk melakukan transaksi yang melibatkan institusi lainnya (pihak ketiga) sebagai pihak yang menangani pembayaran (“electronic payment” concept)
Manfaat e-Commerce
• Jenis bisnis baru
– Bisa menjual tanpa modal besar
• Market exposure, melebarkan jangkauan
• Memperpendek waktu product cycle
– Tidak perlu banyak tangan
• Meningkatkan customer loyality
• Mengurangi biaya produksi dan promosi
• Mengurangi biaya inventory
Contoh Ec Newcommers
• Blogers: blogspot, wordpress
• Chemistry: match.com
• Photo sharing: flickr.com
• Video Broadcast: Youtube.com
• Community: facebook dan friendster
• Radio online: swaragama, yogyastreamers.com dll
• Online encyclopedia: wikipedia.org
• E-book sharing: swook.com, flazx.com
• E-learning: ratemyprofessor.com, collegerecruting.com, powerstudents.com
• Job market: jobsdb.com
• Travel Service: expedia.com
• Iklan: Google AdSense & AdWord
• Real Estate:rumahyogya.com
Layanan E-Commerce Khas Indonesia
• Contoh layanan khas Indonesia
– Wartel & Warnet
– SMS
– Berganti-ganti handphone (lifestyle?)
– Games, kuis
• Peluang bisnis baru yang khas Indonesia
– SMS/Mobile-based applications
– nonton TV dengan chatting
– Games, kuis
– Sport (World Cup)
– Jual Buku online (bukabuku.com, bukukita.com)
– Star on TV (Indonesian Idol)
Hambatan e-Commerce
• Infrastruktur telekomunikasi yang masih terbatas dan mahal
• Delivery channel
– Pengiriman barang masih ditakutkan hilang di jalan.
– Ketepatan waktu dalam pengiriman barang
– Jangkauan daerah pengiriman barang
• Kultur dan Kepercayaan (trust)
• Security
• Munculnya jenis kejahatan baru
– Penggunaan kartu kredit curian / palsu
– Penipuan melalui SMS, kuis
• Ketidakjelasan hukum
– Digital signature
– Uang digital / cybermoney
– Status hukum dari paper-less transaction
Contoh situs e-Commerce
Glodokshop.com
Konsep & Tahapan Pembuatan E-Commerce
• Ciptakan Suatu Ide Produk
• Design (rapikan) Produk tersebut
• Photo Produk tersebut
• Scan Photonya
• Buatlah Kalimat Marketing yang menarik
• Designlah sebuah Web ( Gunakan Software pembuat Web )
• Percantik Tampilan
• Hosting di Perusahaan Hosting
Database yang digunakan dalam E-Commerce
• DB2,
• Oracle,
• atau SQL ( Structure Query Language)
Perjalanan E-Commerce Indonesia
- beberapa indikator tentang internet di Indonesia yang masih kurang menggembirakan. Misalnya :
- berdasarkan data APJII, dari 55 penyelenggara jasa internet di Indonesia yang telah mengantongi
izin dari Dirjen Postel untuk memberikan jasa pelayanan, hanya 43 saja yang aktif menawarkan jasa.
izin dari Dirjen Postel untuk memberikan jasa pelayanan, hanya 43 saja yang aktif menawarkan jasa.
- Selanjutnya pertumbuhan domain baru (perusahaan dengan co.id) masih sedikit yang menggunakannya
Sumber:
- lecturer.ukdw.ac.id/anton/download/teknologi-web
- http://id.wikipedia.org/wiki/E-business
Tidak ada komentar:
Posting Komentar