Powered By Blogger

Senin, 21 Februari 2011

Pengertian Record dan Array

Record.

Record atau yang biasanya disebut juga basis data menurut wikipedia.or.id menjelaskan bahwa record merupakan elemen-elemen data yang terkait dalam sebuah basis data, dalam sebuah basis data pasti ada beberapa tabel dan dalam setiap tabel ada 2 komponen yang namanya field untuk kolom dan record atau basis, jadi singkatnya adalah sebuah tabel yang mempunya baris atau record dan kolom atau field.
Setiap baris elemen data yang saling berkaitan akan dinyatakan oleh elemen tersebut. Misalnya, ada sebuah tabel dimana tabel itu mempunyai kolom yang berisi nama, npm, kelas, dan alamat, maka dalam 1 record itu adalah data milik 1 orang saja yang dimana di data itu tertulis nama, npm, kelas, dan alamat.

Array.

Array atau Larik sesuai dengan yang saya kutip dari materi-praktek.blogsopt.com/2007/03/bag-vi-array.html
merupakan tipe data terstruktur dimana didalamnya terdiri dari komponen-komponen yang mempunyai tipe data yang sama.
Pada suatu array jumlah komponen itu tetap. Pada suatu array larik mempunyai suatu indeks yang menunjukan identitas dari data tersebut.
Array identik dengan susunan suatu lemari yang diberi nama dan nomor, misalnya lemari tersebut diberi nama karyawan, maka data dari karyawan itu ditempatkan berdasarkan nomornya.
Suatu penjelasan tentang array misalnya dalam 1 kelas, sebut saja kelas 2db03 ada 2 atau 3 orang yang mempunyai nama yang sama dan untuk membedakan antara 1 dan yang lainnya diberikan initial untuk setiap orang.

Deklarasi array

Dalam penulisan array harus dideklarasikan dahulu, pendeklarasiannya diawali dengan nama var array diikuti dengan indeks array yang dituliskan dalam tanda "[]" diikuti dengan kata-kata cadangan of dan tipe data yang diinginkan.
contoh : tanda pengenal:array[tipe index] of tipe data
misal : var
A : array [1....5] of string

Alokasi penggunan array

A. array static adalah pendeklarasian array yang tipe datanya tetap. Umumnya adalah integer biasa disebut tipe indeks. subrange integer.
contoh : Array [indekstype1,...,indekstype] of byte tipe
var arraynya : array [1...9] of char atau var nilai : array of real agar ia memperoleh tempat di memori maka kita haru menggunakan sellength = sellength (nilai,20) array tersebut mempunyai range sebagai 20 untuk tipe data real.

B. Array dinamis adalah array yang tidak mempunyai jangkauan atau ukuran yang tetap. Dynamic array ditandai oleh suatu konstruksi format. Memory untuk array dinamis ditempatkan ketika kita menugaskan suatu nilai kepada array (array of base type)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar